Masjid Berlin Ajak Muslim Ikuti Pemilu

SerambiMasjid.com , BERLIN--Islamofobia merebak di Jerman setelah jutaan pengungsi datang ke sana tahun lalu. Kini, dengan pemilihan umum yang digelar di Berlin, Masjid Berlin berupaya memobilisasi Muslim untuk ikut memberi suara.

Jumat malam lalu, Imam Masjid Dar-as-Salam di Distrik Neukölln, Berlin, Mohamed Tahi Sabri mengajak 1.500 jamaah masjid itu untuk memberikan suara dalam pemilu yang akan menjelang.

Pria asal Tunisia itu datang ke Jerman 27 tahun lalu. Sabri mengaku, menyaksikan pergeseran sikap yang tidak menyenangkan yang kian luas kepada Muslim di sana. ''Anda dapati pergerakan seperti Pegida dan AfD merendahkan Islam dalam program mereka,'' kata Sabri merujuk pada unjuk rasa dan gerakan sayap kanan yang merupakan kelompok sempalan yang mengatasnamakan warga Jerman untuk menyebarkan pesan-pesan anti Islam.

Jika mereka memiliki kekuasaan, lanjut Sabri, mereka akan membuat aturan yang memarginalisasi kaum Muslim. Sehingga komunitas Muslim harus berbuat sesuatu untuk mencegah itu, demikian dilansir kantor berita Jerman, Deutsche Welle, pekan lalu.

Menyebarkan pesan

Melihat fakta yang ada, kekhawatiran Imam Sabri nampaknya punya kaki. Hasil sebuah survei menunjukkan, jika Jerman menggelar pemilu nasional bulan lalu, perolehan suara partai Alternative for Germany (AfD) ada di posisi ke tiga dengan 14 persen dari total suara. Keraguan tentang apakah AfD bisa mewujudkan kebencian mereka dalam sebuah mandat politik berakhir saat mereka meraih lebih dari 20 persen suara awal bulan ini di pemilu daerah Mecklenburg-Pomerania Barat.

Imam Sabri tak ingin hal serupa terjadi di Berlin. Maka, ia menyebarkan kampanye untuk melawan apatis politik di kalangan Muslim Berlin. Ia dan timnya menggantungkan poster-poster di berbagai tempat yang banyak dihuni warga kerutunan Arab dan Arab-Jerman untuk ikut dalam pemilu yang dimulai pada 18 September lalu. Dari mimbar masjid di Neukölln, Imam Sabri menyampaikan ceramah mengenai isu pemilu ini dan ia juga mengajak komunitas Muslim untuk ikut dalam dua kegiatan di masjid.

Pertama adalah kegiatan sosialisasi dimana perwakilan Pusat Edukasi Politik (LPB) Kota Berlin yang memberi arahan teknis pemilu. Ke dua adalah kegiatan tanya jawab dengan para politisi dari enam partai yang ikut dalam pemilu. Perwakilan dari AfD yang sebelumnya menjanjikan hadir membatalkan janji di detik-detik akhir sebelum acara di mulai.

0 komentar:

Copyright © 2013 JPRMI SUMUT